Desain Interior Ramah Lingkungan

Inspirasi Desain Interior Ramah Lingkungan

Mendesain interior rumah dengan konsep eco friendly atau dengan desain interior ramah lingkungan tengah menjadi tren seiring meningkatnya suhu bumi. Deretan aktor dan aktris papan atas Hollywood seperti Leonardo DiCaprio, Ian Somerhalder, Natalie Portman, Cameron Diaz, dan Brad Pitt telah merenovasi rumah dan apartemen mereka agar lebih ramah lingkungan. Anda mungkin menganggap desain yang ramah lingkungan identik dengan budget yang besar. Namun, tidak selamanya seperti itu. Simak tips mendesain interior rumah dengan budget yang terbatas berikut ini.

Gunakan Tanaman Sebagai Hiasan Rumah Anda

Foto: Nuansa rumah yang asri dengan ornamen tumbuhan hijau, sumber Pinterest
Foto: Pinterest.com

Tidak ada yang lebih baik daripada meletakkan tanaman di rumah Anda. Tanaman dapat membantu menyaring udara yang kotor dan membuat suasana rumah Anda menjadi lebih segar dan nyaman. Contoh tanaman yang baik untuk interior rumah Anda adalah tanaman lidah mertua, selain mudah dirawat, tanaman ini juga dapat mengurangi polusi udara dan dapat memberikan kesan segar untuk interior rumah Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tanaman lidah buaya. Selain untuk obat-obatan, lidah buaya dapat menyerap polusi dan menetralisir racun dan bahan kimia. Apabila Anda menyukai bunga, maka Anda dapat menggunakan bunga krisan yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan stres dan menghadirkan nuansa rumah yang tenang. Bunga ini juga memiliki aroma yang wangi dan tidak menyengat. Pilihlah tanaman yang cocok untuk rumah Anda, ukurannya menyesuaikan ruang yang akan ditempati, namun jangan lupa untuk memilih tanaman yang mudah dirawat. Dengan menggunakan tanaman, Anda dapat memberikan kesan cantik dengan harga murah untuk desain interior ramah lingkungan Anda.

Gunakan Jendela yang Mempermudah Masuknya Sinar Matahari

Foto: Pinterest.com
Foto: Pinterest.com

Tips yang paling penting untuk desain interior rumah ramah lingkungan adalah penggunaan lampu yang minim dengan memaksimalkan pencahayaan dari sinar matahari! Anda dapat membeli jendela biasa dengan harga tidak terlalu mahal yang dilengkapi dengan tirai. Fungsi dari tirai ini dapat menghalau sinar matahari jika sudah terlalu panas. Tips berikutnya, arahkan jendela Anda ke arah selatan untuk mendapatkan sinar matahari pagi yang segar dan menyehatkan. Selain itu, sinar matahari dapat membunuh bakteri dan kuman yang tidak baik untuk kesehatan. Menggunakan sinar matahari daripada lampu pada pagi hari dapat menyehatkan badan Anda dan mengurangi beban listrik. Untuk lampu, gunakan lampu LED yang hemat energi. Harga lampu LED memang lebih mahal, tetapi jauh lebih awet daripada lampu biasa. Jadi, ketika Anda sedang mencari bohlam lampu, pastikan terdapat label “energy efficient” pada bungkusnya.

Pilih Produk yang Rendah VOC

929507080250699c4288cd01ce84fb25
Foto: Pinterest.com

VOC merupakan singkatan dari “Volatile Organic Compounds” yang berarti material yang terbuat dari bahan-bahan yang tidak baik untuk kesehatan. Bahan yang mengandung VOC dapat ditemukan di cat rumah, perabotan, karpet, tirai, dan lain-lain. Anggaran terbesar Anda harus dialokasikan untuk membeli barang-barang atau material renovasi yang tidak mengandung bahan tersebut. Untuk flooring, gunakan bahan batu-batuan seperti marbel untuk memberikan sensasi alami dan eco friendly. Marbel sangat mudah untuk dibersihkan dan bahannya sendiri cukup kuat untuk dapat bertahan selama bertahun-tahun tanpa membutuhkan perhatian khusus. Selain eco friendly, marbel juga menambah kealamian suasana rumah Anda. Dengan melakukan hal ini, kesehatan Anda dan keluarga Anda dapat pula terjamin.

Gunakan Perabotan Hasil Daur Ulang

Desain Interior Ramah Lingkungan
Foto: iCad Interior

Produk daur ulang tidak hanya akan membantu Anda untuk menghemat budget, tetapi juga berguna untuk mengurangi limbah. Perabotan hasil daur ulang tidak akan semahal perabotan baru buatan pabrik. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa kualitas perabotan daur ulang yang diproduksi orang Indonesia kualitasnya juga telah mendunia. Perabotan mulai dari meja, kursi, tas dan dekorasi rumah lainnya telah diekspor ke berbagai negara.

Gunakan Jasa Desainer Interior

Desain Interior Ramah Lingkungan
Foto: Pinterest.com

Apabila Anda memiliki budget lebih untuk merenovasi rumah, maka gunakanlah jasa seorang desainer interior. Mengapa? Karena dengan adanya desainer interior, mereka akan merencanakan semua kebutuhan renovasi Anda mulai dari perabotan, material yang digunakan, hingga proses renovasi itu sendiri. Anda dapat meminta mereka untuk membuatkan tema yang spesifik atau menggunakan bahan-bahan yang terbaik untuk Anda. Selain itu, mereka akan bekerja sesuai dengan anggaran yang Anda miliki, jadi Anda tidak perlu khawatir budget membengkak karena keperluan tak terduga lainnya. Biarkan desainer interior Anda mengatasi semua permasalahan Anda.

Temukan Rekomendasi Desainer Interior di Sejasa.com!

Discover the CoastsHidden surf Spots (11)Sudah saatnya meminimalisir kerusakan alam dengan memiliki rumah yang ramah lingkungan. Dengan begitu Anda sudah berkontribusi dalam melestarikan bumi kita. Tetapi, apakah memiliki rumah yang ramah lingkungan berarti harus mahal? Di Sejasa.com, Anda dapat menemukan desainer interior yang sesuai dengan budget dan keinginanan Anda. Berikan permintaan jasa desain interior Anda sekarang !

Selain renovasi rumah, Sejasa.com juga menyediakan berbagai macam penyedia jasa lainnya seperti service AC, instalasi kanopi, catering, dan banyak lagi!

 

Share This Article!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *