4 Langkah Ini Akan Membantu Anda Mendapatkan Kontraktor yang Tepat

Jangan mengambil risiko pada proyek yang sangat penting ini. Untuk menemukan kontraktor yang tepat untuk merenovasi rumah atau membangun baru, Anda wajib menyimak tips jitu di bawah ini!

Membangun rumah impian merupakan hal yang menyenangkan untuk Anda, namun perasaan senang tersebut juga datang dengan tanggung jawab yang besar. Renovasi rumah merupakan investasi dengan biaya yang besar. Oleh karena itu, mempekerjakan kontraktor terbaik untuk Anda dan proyek Anda merupakan keputusan yang sangat penting. Mengapa? Pilihan Anda akan menentukan kualitas pengerjaan dan akan meminimalisir stress dan biaya tak terduga. Melibatkan kontraktor yang tepat dalam proses awal renovasi merupakan salah satu unsur terpenting agar proyek renovasi rumah Anda sesuai dengan budget saat renovasi berlangsung.

Berikut merupakan lima langkah sederhana untuk membantu Anda memilih kontraktor yang tepat untuk proyek Anda.

Dapatkan Rekomendasi

1_1_
Foto: Kamar tidur oleh RIC. Design

Temukan rekomendasi penyedia jasa rekomendasi profesional daerah Anda. Baca review dari customer sebelumnya dan telusuri foto dalam bentuk portfolio untuk melihat bagaimana pekerjaan mereka sesuai dengan ruang lingkup proyek Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan pesan untuk penyedia jasa.

Penyedia Jasa Terverifikasi

shutterstock_78781993

Pastikan kandidat kontraktor Anda telah terverifikasi karena hal itu juga akan melindungi Anda. Dengan adanya verifikasi, Anda akan menggunakan penyedia jasa yang valid dan memiliki kredibilitas.

Lihat Pekerjaan Terakhir Mereka

renovasi-rumah-5
Foto: Renovasi rumah Grand Wisata Cluster Water Garden, Bekasi, oleh Sungkar

Setelah Anda melihat portfolio kontraktor, tanyakan pada penyedia jasa apakah mereka pernah mengerjakan proyek yang mirip dengan proyek Anda. Apabila Anda sudah menelusuri portfolio kontraktor tersebut, Anda dapat mempertimbangkan hal berikut:

  • Apakah penyedia jasa tersebut memberikan garansi?
  • Bagaimana lokasi proyek renovasi tersebut terlihat?
  • Apakah proyek renovasi rumah berjalan tepat waktu?

Pahami Kontrak Kerja

shutterstock_291613424

Dalam hubungan kerja antara kontraktor dengan customer pada proyek rumah tinggal, akan dimulai dengan penandatanganan kontrak kerja atau perjanjian yang menjadi dasar dalam proses pelaksanaan pekerjaan. Untuk mengantisipasi terjadinya kesalahpahaman, maka pasal-pasal dalam kontrak kerja harus dibuat dengan detail, sistematis, dan dengan bahasa yang lugas. Baik customer maupun kontraktor sebaiknya memperhatikan perjanjian yang dibuat. Adapun hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan kontrak adalah:

  • Lingkup pekerjaan, yang membahas mengenai cakupan pekerjaan yang harus dikerjakan oleh kontraktor. Cakupan pekerjaan harus dijelaskan secara detail mengenai pekerjaan yang harus dikerjakan.
  • Jangka waktu pekerjaan, yang menjelaskan mengenai total waktu pekerjaan untuk melaksanakan pekerjaan yang dijanjikan dan penjelasan tentang hak memperoleh perpanjangan waktu bagi kontraktor, dengan syarat memenuhi kondisi tertentu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.
  • Harga jasa kontraktor, yang memberikan penjelasan mengenai nilai yang harus dibayarkan.
  • Cara pembayaran, yang menjelaskan tentang tahapan pembayaran, jangka waktu pembayaran, jumlah pembayaran yang ditahan pada setiap tahap, dan konsekuensi apabila terjadi keterlambatan.
  • Pengakhiran perjanjian, yang menjelaskan tentang hal-hal yang mengakibatkan pengakhiran perjanjian (misalnya terjadinya keterlambatan melebihi batas maksimal yang disepakati), hak untuk mengakhiri perjanjian, dan konsekuensi dari pengakhiran perjanjian.

Demikian poin-poin penting yang harus dipelajari dan dipahami oleh Anda sebelum memulai proyek renovasi rumah dengan menggunakan jasa kontraktor. Hal ini semata-mata dilakukan agar Anda dan penyedia jasa kontraktor mengerti betul hak dan kewajiban masing-masing, serta bersepakat untuk melaksanakan hak dan kewajiban tersebut. Selamat memulai proyek renovasi rumah!

Ingin Merenovasi Rumah Anda? Kunjungi Sejasa.com!

Kontraktor yang tepat

Jangan ragu untuk mempercayakan proyek renovasi rumah Anda di Sejasa.com. Setiap penyedia jasa yang tergabung di Sejasa sudah melalui tahap verifikasi yang ketat. Selain itu, Anda juga dapat membaca review, melihat portfolio, dan membandingkan harga dari beberapa penyedia jasa. Ayo, mulai proyek renovasi Anda sekarang!

Share This Article!

4 thoughts on “4 Langkah Ini Akan Membantu Anda Mendapatkan Kontraktor yang Tepat”

  1. Pingback: Apa Saja yang Harus Ada di Dalam Surat Perjanjian Kontrak Kerja

  2. Pingback: Ini Dia Perbedaan Jasa Kontraktor dengan Pemborong

    1. Kami memiliki beberapa mitra di Buleleng. Apabila tertarik untuk melakukan pemesanan dan konsultasi, silakan coba buat permintaan melalui laman https://sej.as/renovasi Anda akan menerima beberapa penawaran harga dan kontak mitra penyedia jasa yang tersedia sesuai lokasi Anda 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *